Theme Colors
  • 2013-06-27
  • admin


Indian Ocean anda Pacific Conference 2013 akan diadakan di Bali pada tanggal 18 – 22  Juni 2013. Tema konferensi ini adalah Blue economy in motion, Better understanding ocean Management. Rangkaian kegiatan ilmiah tersebut meliputi Opening Session (18 Juni 2013),  Konferensi  (19 Juni 2013), General Meeting  (20 Juni 2013), Ocean Sciences Day (21 Juni 2013). Scientific Exhibition (18-21 Juni 2013)  dan Excursion (22 Juni 2013). Konferensi ini terbuka bagi semua kalangan khususnya yang berkaitan dengan bidang kelautan dan tidak dikenakan biaya registrasi.

Pelaksana Konferensi adalah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT). Sejumlah instansi dan organisasi profesi ikut mendukung  kegiatan konferensi yang bertaraf internasional tersebut, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Puslitbang Geologi Kelautan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Informasi Geospasial (BIG), Kantor Kementrian Riset dan Teknologi (RISTEK), Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI), Universitas Diponegoro (UNDIP), Kantor Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI).

Menurut Ketua Panitia penyelenggara Dr. Aryo Hanggono, kegiatan ini akan dihadiri lebih kurang 1000 orang dan diharapkan akan dibuka oleh Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono. Sejumlah isu penting dari berbagai disiplin ilmu kelautan akan dibahas melalui karya-karya ilmiah, seperti bioteknologi, mikrobiologi, iklim, fisika oseanografi, kimia oseanografi dan lain-lain.  Konferensi ini dilaksanakan dengan mengambil momentum kegiatan APEC di Bali sehingga pelaksanaannya juga diharapkan bisa menarik minat pemerintah dan delegasi asing untuk lebih memperhatikan laut. Dr. Zainal Arifin menjadi Komite Sub session Biogeochemical Processes and Ecological variability. Sedangkan Dr. Suhartati M.Natsir menjadi Komite pada Sub session Marine Biodiversity.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat dalam www.iopac2013.irm.co.id

Meifina, S.Sos