Theme Colors
  • 2013-09-12
  • siti023




Pusat Penelitian Oseanografi LIPI  adalah salah satu instansi pemerintah yang bertugas melakukan penelitian kelautan di Indonesia. Semua aspek yang berkaitan dengan laut, baik biota laut, tumbuhan maupun pencemaran laut dipelajari dan diteliti untuk kepentingan lingkungan dan pembangunan nasional. Selain itu, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI juga memberi berbagai layanan untuk umum termasuk kalangan akademik.  Salah satunya, melayani mahasiswa yang ingin melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kuliahnya, seperti mengadakan kunjungan atau studi banding, melakukan PKL, penelitian dan sebagainya.

Banyak mahasiswa dari berbagai  Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta telah berkunjung ke Pusat Penelitain Oseanografi LIPI. Terakhir tanggal 3 September 2013  lalu, sekitar 120 mahasiswa Jururusan Ilmu Kelautan, Program Studi Oseanografi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan kunjungan ke Puslit Oseanografi-LIPI. Kunjungan rombongan mahasiswa tersebut, diterima oleh Ka Sub Bagian Jasa dan Informas, Muhamad Jafar Elly, M.Si. mewakili Kapuslit Oseanografi-LIPI. Selain sambutan oleh Kasub Bagian Jasa dan Informasi juga disampaikan sekilas perjalanan eksistensi Pusat penelitian Oseanografi LIPI oleh Sofia Yuniar Sani, S.Sos. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Pencemaran Laut. dari salah satu peneliti Puslit Oseanografi-LIPI, Lestari M.Si.

Kunjungan kali ini adalah yang paling banyak dari rombongan mahasiswa. Biasanya hanya kurang lebih  50 peserta. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat khususnya kalangan akademik untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat bidang oseanografi di Puslit Oseanografi-LIPI cukup tinggi. Di samping itu, sarana dan prasarana riset kelautan seperti kapal riset Baruna Jaya VII dan Baruna Jaya VIII milik Puslit Oseanografi-LIPI menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin mengenal dari dekat kedua sarana penelitian laut tersebut. Pengetahuan yang didapat melalui kunjungan ini diharapkan bisa memotivasi generasi muda khususnya mahasiswa yang menekuni bidang kelautan untuk serius belajar dan mengembangkan ilmunya kelak setelah lulus dari perguruan tinggi. Sektor kelautan masih membutuhkan banyak tenaga ahli untuk menggali dan mengembangkan potensi kelautan Indonesia. Mahasiswa inilah yang diharapkan kelak dapat mengemban amanah pembangunan sektor kelautan Indonesia, demikian pesan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Jasa dan Informasi Puslit Oseanografi-LIPI.  Kegiatan kunjungan diakhiri dengan saling tukar cindera mata antara Mahasiswa UNDIP dan Puslit Oseanografi-LIPI. (Siti Sopyah, humas).