Theme Colors
  • 2016-12-16
  • admin


Pusat Diseminasi Unit Pelaksana Teknis Loka Konservasi Biota Laut (UPT LKBL) Tual yang berada di bawah naungan Puslit Oseanorafi LIPI menyelenggarakan pameran hasil-hasil riset kelautan pada tanggal pada tanggal 13 -15 Desember 2016. Pameran diselenggarakan di Kantor UPT Loka Konservasi Biota Laut Tual, Maluku Tenggara. Pameran dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian mewakili Kepala Pusat Penelitian Oseanologi-LIPI.

Kegiatan pameran bertujuan memasyarakatkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh LIPI. Selain itu, LIPI ingin menyinergikan penelitian dan pengembangan yang dilakukan UPT LKBL Tual dengan kebutuhan pemerintah daerah Maluku Tenggara dalam rangka menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pemangku kepentingan pemerintah daerah setempat. Pameran tersebut sekaligus menunjukkan laporan perkembangan kerja sama UPT LKBL Tual dengan Pemda Kabupaten Maluku Tenggara.

Hasil yang diharapkan dari pameran ini antara lain adanya kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan dengan pihak pemerintah daerah dan kepala-kepala desa di sekitarnya secara berkesinambungan sehingga manfaat penelitian ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Maluku. Acara ini ramai dikunjungi masyarakat umum termasuk pelajar dan mahasiswa di Kota Tual dan sekitarnya. Pameran juga diisi dengan hasil-hasil UMKM binaan UPT LKBL Tual. Materi yang dipamerkan antara lain fasilitas bimbingan teknis berbagai macam hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan LIPI seperti alat pengolahan ikan, mocaf, alat pembuatan olahan dodol dan rumput laut serta pembuatan pupuk organik hayati (POH).

(Achmad Ibrahim, Pranata Humas Muda)