Pusat Penelitian Oseanografi LIPI gelar Konferensi Internasional Bioteknologi dan Biodiversitas Laut (MARBIO 2017)


Pada 24 -25 Oktober 2017 Plt Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia membuka secara resmi Konferensi Internasional Bioteknologi dan Biodiversitas Laut (Marbio 2017). Turut hadir Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kepala Pusat Penelitian Oseanografi. Konferensi diadakan di gedung Balai Kartini Jakarta.  Tema Marbio 2017 yaitu memaparkan status penelitian Biodiversitas dan inovasi pemanfaatan biota laut melalui bioteknologi kelautan. Peserta Marbio 2017 terdiri dari peneliti Indonesia dan China

Pelaksanaan Konferensi untuk menambah wawasan dan ide kreatif dari komunitas lokal dan internasional dalam berbagai aspek bioteknologi dan budidaya. Konferensi menghadirkan ilmuwan akademik dan peneliti. Serta mendiskusikan kemajuan dan hal terbaru bidang keragaman biologi laut, ekosistem, budidaya, bahan alam laut dan bioteknologi molekuler.

Tujuan diadakan Konferensi untuk mendiskusikan riset bidang biodiversitas laut, ekosistem dan bioteknologi, dan dampak signifikan pada kehidupan manusia sebagai makanan kesehatan dan sumber obat obatan.

Topik yang dipresentasikan ada 5 pokok bahasan. Pertama eksplorasi biodiversitas laut dan ekosistem. Kedua aplikasi biota laut sebagai bahan biomedis dan bioteknologi laut. Ketiga produk alam laut dan bioproduk. Keempat pengembangan produk industri bioteknologi laut. Dan teknologi budidaya.

Keynote speaker dari beberapa negara yaitu Prof. Chris Franco (Flinders University, Australia), Prof. Chen Bin (Third Institute of Oceanography, SOA, China), Prof.  Bin-Gui Wang (Institute of Oceanology, Chinese Academy of Sciences.), Prof. Suharsono (Research  Center for Oceanography – LIPI), Prof. Endang Sukara (Research Center dor Biotechnology-LIPI), Prof. Toshiyuki Waskimoto (Hokkaido Uniersity), Dr. Noer Kasanah (Gadjah Mada University.

(Meifina, Pranata Humas Muda)

 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI