Kick Off Java Sea Expedition


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Oseanografi bekerjasama dengan National University of Singapore (NUS) melakukan ekpedisi kelautan  bersama di perairan Selatan Laut Jawa. Ekspedisi ini dilaksanakan untuk memperingat 51 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapore. Kerja sama ini melibatkan 31 peneliti yaitu  14 peneliti Indonesia dan 17 peneliti Singapura.


Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, ketika membuka acara mengungkapkan, “  Riset potensi kekayaan alam bawah laut sangat penting untuk dikembangkan.

Nasir  berharap kerja sama ini dapat meningkatkan interaksi antar ilmuwan dari Indonesia dan Singapura, Serta bermanfaat bagi kekayaan intelektual kedua negara, terutama dalam bidang ilmu kelautan.

“Saya sangat mengapresiasi LIPI menjadi tuan rumah Kick Off South Java Deep Sea Expedition. Semoga kegiatan ini menstimulasi upaya kita dalam memanfaatkan sumber daya laut Indonesia dan memberikan dampak positif bagi kedua pihak,” ungkap  Nasir di Widya Graha LIPI, Jakarta Selatan, Jumat 23 Maret 2018

Dalam kesempatan yang sama, Duta besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar mengungkapkan. “Kolaborasi ini merupakan cerminan dari hubungan jangka panjang yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura”. “Acara ini merupakan semangat kolaborasi yang sangat baik bagi kedua negara,.

Anil berharap ekpsedisi kelautan  yang dilakukan oleh peneliti dua  negara akan menunjukan karya kolaborasi lintas batas antara Singapura dan Indonesia. Selain itu  mampu memperkaya pemahaman  tentang ilmu kelautan," ungkap Anil.

Sebanyak 31 dari Indonesia dan Singapura akan memulai ekspedisi selama 14 hari di perairan selatan Laut Jawa.  Ekspedisi ini berlangsung  23 Maret sampai 5 April 2018. Kegiatan ini  merupakan eksplorasi biologis laut dalam terpadu yang pertama kali dilakukan di bagian laut Indonesia yang sebagian besar belum dijelajahi, khususnya di perairan selatan Laut Jawa.

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI