13 Proposal Raih ‘Research Grant’ Dari LIPI


Demand Driven Research Grant (DDRG) merupakan dana riset berjangka waktu maksimal dua tahun (2018-2019), yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui  COREMAP-CTI sebagai bagian dari kontribusi LIPI kepada perkembangan riset kelautan berbasis pada masalah (problem-based) dan orientasi klien (client-oriented research) di Indonesia. Sejak pendaftaran dibuka pada bulan Desember 2017, terdapat 397 proposal dari 8 tema riset DDRG yang berasal dari berbagai instansi dan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Setelah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat oleh tim yang terdiri atas pakar di bidang kelautan, maka terpilihlah 13 proposal riset yang lolos uji dan dinyatakan layak untuk mendapatkan dana DDRG. Terkait hal tersebut, pada tanggal 3-4 April 2018 telah dilakukan rangkaian acara penandatanganan kontrak antara 13 Peneliti Kepala yang kegiatan risetnya didanai oleh DDRG dan Kepala Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) LIPI selaku Direktur PMO  COREMAP-CTI LIPI. Acara dimulai dengan presentasi desain riset dan telaah anggaran dari masing-masing tim riset DDRG yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 3 April 2018, kemudian dilanjutkan pada tanggal 4 April 2018 dan diakhiri dengan penandatanganan kontrak kerja.

Dalam acara tersebut, Dr. Dirhamsyah, M.A., selaku Kepala Pusat P2O-LIPI dan Direktur PMO COREMAP-CTI LIPI, berpesan kepada para Peneliti Kepala riset DDRG agar dapat melaksanakan kegiatan riset yang telah direncanakan dengan sebaik-baiknya untuk menjawab tantangan dan permasalahan di wilayah kajian riset masing-masing.

Selain itu, Beliau juga berpesan bahwa dalam melaksanakan penelitian, Peneliti Kepala dan tim risetnya harus selalu memperhatikan izin kegiatan dan membangun hubungan baik dengan pemangku kepentingan (stakeholder) di daerah kajian riset demi memperlancar dan menyukseskan kegiatan riset masing-masing. 

Dirhamsyah juga berpesan agar hasil riset yang telah didanai melalui mekanisme DDRG ini memiliki dampak nyata, baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kemaritiman di Indonesia maupun terhadap kehidupan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil di area kajian masing-masing.

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI