LIPI dan UNESCO/IOC WESTPAC Menyelenggarakan Pelatihan Internasional Indeks Kesehatan Terumbu Karang


Regional Tratining and Research Center for Marine Biodiversity and Ecosystem Health (Pusat Pelatihan dan Penelitian Regional untuk Keanekaragaman Hayati dan Kesehatan Ekosistem Laut) yang disingkat RTRC MarBEST, menyelanggarakan pelatihan dengan tajuk Indeks Kesehatan Terumbu Karang (Coral Reefs Health Index). Pelatihan tersebut merupakan pelatihan berskala internasional yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2018 hingga 1 November 2018 di Bali, dengan dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Skala Internasional dari pelatihan tersebut didasari pada isu global yang diusung, yaitu kesehatan terumbu karang yang menjadi isu internasional, selain didasarkan pada keikutsertaan peserta dari 11 negara yang lolos seleksi dan pengajar para yang memiliki taraf internasional di bidang keahliannya masing-masing.

21 orang peserta dari 11 Negara berhasil lulus seleksi untuk mengikuti pelatihan Indeks Kesehatan Terumbu karang ini, menyisihkan dari total 93 pendaftar dari berbagai Negara. Negara-negara dari asal peserta antara lain adalah: Indonesia, Bangladesh, China, Malaysia, Myanmar, Filipina, Papua New Guinea, Sri lanka, Singapora, Solomon dan Italia. Pemilihan Peserta didasari oleh sejumlah persyaratan diantaranya seperti tingkatan keahlian menyelam dan pengetahuan dasar mengenai terumbu karang.
 
Nama-nama penting dalam bidang terumbu karang menghiasi pelatihan ini sebagai pengajar/pembicara. Diantaranya adalah Prof. Suharsono dari Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI (Indonesia), Prof. Ove Hoegh Guldberg dari University of Queensland (Australia), Prof. Peter Mumby dari University of Queensland (Australia), Prof. Kazuo Nadaoka dari Tokyo Institute of Technology (Jepang), Dr. Thamasek Yeemin dari Rhamkhamhaeng University (Thailand), Dr. Giyanto dari Pusat Penelitian Oseanografy-LIPI (Indonesia) dan Dr. Domminic Bryant dari Global Change Institute-University of Queensland (Australia). Semua Pengajar tersebut memberikan berbagai materi mulai dari pengenalan terumbu karang di Pasifik barat, taksonomi terumbu karang, terumbu karang dan perubahan iklim,  hingga teknik monitoring terumbu karang dan penyususnan Indeks Kesehatan Terumbu Karang.

Sebagai kolaborasi antara Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan UNESCO-Intergovernmental Oceanographic Commission untuk Pasifik Barat (IOC WESTPAC), maka selain pembicara inti, terdapat pula pembicara tamu dari tokoh-tokoh IOC pada pelatihan ini. Diantaranya adalah Dr. Wenxi Zhu yang merupakan Program specialist Officer of IOC WESTPAC, Prof. Dr. Vladimir Ryabinin yang merupakan Executive Secretary of the IOC-UNESCO dan Dr. Salvatore Arico sebagai kepala seksi Ocean Science di IOC. Ketiga Pembicara tamu tersebut mengusung program dari IOC yang berkenaan dengan ekosistem, termasuk ekosistem terumbu karang dalam pendekatan dan kepentingan yang berbeda.
 
RTRC MarBEST secara resmi disetujui pada pertemuan Kelompok Penasihat WESTPAC, di Yogyakarta-Indonesia pada 13-15 Januari 2016. Pada tahun yang sama, RTRC MarBEST diresmikan pada 17 Oktober 2016 di P2O LIPI Jakarta. Tujuan dari berdirinya RTRC MarBEST adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para ilmuwan secara regional melalui kegiatan pelatihan di bidang taksonomi klasik dan taksonomi molekuler, serta untuk membangun dan mengembangkan platform umum dalam metodologi dan pemantauan kesehatan ekosistem laut terutama ekosistem pesisir seperti terumbu karang, lamun dan mangrove.

Berbagai tanggapan positif dan permintaan diutarakan oleh peserta dan pengajar melalui berbagai media. Pada penutupan pelatihan ini (1 November 2018), peserta dari Solomon, Stephen Attallifo Mosese, sebagai wakil dari seluruh peserta memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada terhadap penyelenggaraan pelatihan ini.

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI