Penetapan Pusat Penelitian Oseanografi Sebagai Pusat Unggulan IPTEK Biospropeksi Laut


Pada 13 Desember 2018,Pusat Unggulan IPTEK (PUI) biospropeksi laut Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI memperoleh Penetapan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). PUI biospropeksi laut P2O LIPI terdaftar di Kemenristek Dikti sejak tahun 2017

Program PUI bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga penelitian dan pengembangan yang meliputi kelembagaan, sumber daya, dan jaringan informasi IPTEK sehingga dapat menjadi lembaga litbang yang bertaraf internasional dalam suatu bidang prioritas yang spesifik.
Pada awal tahun 2017 , Pusat Penelitian Oseanografi mengajukan sebuah PUI dengan nama PUI bioprospeksi laut dan bergabung dalam program pembinaan PUI yang fokus riset unggulan di bidang bioprospeksi laut.

Selama dalam status pembinaan PUI sebagai kandidat sebuah PUI maka terus dilakukan perapihan dan pemenuhan persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Kemenristekdikti sehingga nantinya bisa menjadi sebuah PUI. Atas ijin Allah SWT, kerja keras, cerdas dan ikhlas semua tim PUI dan sivitas Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sehingga tahun 2018, tepatnya pada tanggal 13 Desember 2018, PUI bioprospeksi laut berhasil ditetapkan sebagai sebuah PUI

Penetapan dilaksanakan gedung ICE BSD Tangerang Selatan dalam acara Apresiasi Lembaga Penelitian Dan Pengembangan. Penetapan PUI biprospeksi laut ini bertujuan agar riset biprospeksi laut berbahan dasar teripang  lebih terarah, menyeluruh dari hulu hingga hilir serta lebih terintegrasi.

Kepercayaan yang diberikan kepada PUI bioprospeksi laut di Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI ini diharapkan mampu memotivasi seluruh pegawai khususnya peneliti agar capaian hasil-hasil penelitian bioprospeksi laut dapat semakin dirasakan keberadaan dan manfaatnya oleh kalangan industri, pemerintah dan masyarakat. Ada pepatah bijak, lebih mudah mencapai suatu prestasi dan kepercayaan namun sulit untuk memelihara prestasi dan kepercayaan yang sudah tercapai tersebut. Masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus ditunaikan dengan status sebagai sebuah PUI. Mari bersama mewujudkan sinergi riset bidang bioprospeksi laut dengan lingkungan untuk membangun riset berkelanjutan dengan prinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan (Pranata Humas Muda)

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI