Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Dikukuhkan Jadi Profesor Riset


Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI , Teguh Peristiwady , dikukuhkan jadi Profesor Riset, pada 4 Desember 2019.  Pengukuhan dilaksanakan di  Auditorium Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jalan Gatot Subroto no. 10. Jakarta Selatan. Selain Teguh  ada tiga orang peneliti lain yang ikut dikukuhkan yaitu , Dewi Malia Prawiradilaga dan Wahyu Widiyono dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, serta Euis Hermiati dari Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Keempat peneliti yang dikukuhkan sebagai profesor riset berasal dari bidang zoologi laut, zoologi, botani dan teknologi bioproses. Dalam orasi berjudul “Nilai dan Manfaat Taksonomi dalam Perspektif Keanekaragaman Jenis Ikan Laut di Indonesia”, Teguh Peristiwady menjelaskan luasnya wilayah perairan membuat Indonesia memiliki nilai keanekaragaman sumber daya hayati ikan laut serta organisme lain yang sangat besar.” Tapi belum ada jawaban pasti berapa banyak jenis ikan laut di perairan Indonesia,” ujar Teguh.

Teguh memaparkan, ” Jumlah jenis ikan di dunia sampai saat ini tercatat sebesar 38.908 jenis-jenis dengan didominasi oleh ikan-ikan dari kelas Actinopteygii (ikan bertulang sejati) dan Elasmobranchii (ikan bertulang rawan), masing-masing berjumlah sebesar 33.649 jenis dan 1.212 jenis.  Sisanya merupakan jenis dari kelas Holocephali dan Myxini. “Selain kelas-kelas tersebut, di perairan Indonesia berhasil diidentifikasi satu kelas tambahan ketika ditemukan ikan raja laut Latimeria menadoensis dari kelas Coelacanthi di Manado, Sulawesi Utara,” ujarnya.

Kepala LIPI  Laksana Tri Handoko mengungkapkan, gelar profesor riset merupakan jenjang tertinggi jabatan fungsional peneliti. Profesor riset adalah gelar bagi peneliti ahli utama di jenjang apapun.. "Gelar ini sayangnya tidak memberikan privilege apapun atau tidak diberikan apapun pada mereka. Tapi justru diberi tanggungjawab yang besar bagi para penerusnya," ujar Kepala LIPI

Selain itu profesor riset  punya tanggungjawab terhadap masyarakat dan komunitas ilmiah yang diikutinya. "Mereka harus aktif mendidik generasi baru, peneliti baru melalui aktivitas risetnya. Penelitian itu skill yang prosesnya learning by doing," ujarnya.

 

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI