Telah dibuka RTRC MarBEST Mangrove Health Index Training


Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui COREMAP-CTI projects melakukan kegiatan ilmiah seperti survei lapangan, sebagai dasar Indeks Kesehatan Mangrove (Mangrove Health Index). Hal Ini mengakomodir beberapa parameter penting yang tidak hanya proksi struktur komunitas seperti tutupan kanopi, kerapatan tanaman, diameter, tinggi; tetapi juga termasuk cakupan limbah plastik dan frekuensi penebangan kayu. Formula indeks telah disetujui dan divalidasi oleh para pakar dan dengan beberapa simulasi Untuk itu bukti ilmiah (scientific evidence) pengembangan indeks telah siap diterbitkan dalam jurnal internasional yang ditinjau oleh sejawat (peer-reviewed international journal).

Melalui UNESCO/IOC Regional Training and Research Center on Marine Biodiversity and Ecosystem Health (MarBEST Center), Indonesia berkomitmen untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan guna meningkatkan kapabilitas dan kapasitas mahasiswa muda, peneliti dan dosen di bidang kesehatan ekosistem, khususnya ekosistem mangrove, dengan fokus pada Indeks Kesehatan Mangrove (Mangrove Health Index).

Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan RTRC MarBEST Mangrove Health Index Training pada tanggal 16-21 November 2020. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia, terutama peneliti muda dan dosen dari negara anggota di Indo West Pacific (WESTPAC) melalui kegiatan pelatihan di bidang ekosistem mangrove; mempromosikan kolaborasi di antara para ilmuwan di dalam dan di luar wilayah untuk pemantauan mangrove dalam jangka panjang ekosistem; menerapkan metode Indeks Kesehatan Mangrove tentang Protokol regional, dan memfasilitasi akses dan penyebaran informasi terkait ekosistem mangrove sehingga tersebar luas hingga dapat diterapkan di wilayah WESTPAC dan sekitarnya.

Target peserta:

  1. Mahasiswa, peneliti muda dan dosen dari Indonesia dan negara anggota lainnya di WESTPAC, AIS Forum dan ASEAN;
  2. Universitas dan lembaga penelitian dan negara anggota di kawasan WESTPAC, negara-negara anggota AIS Forum dan ASEAN;
  3. Para pemangku kepentingan di bidang konservasi dan perlindungan lingkungan.
  4. Sejumlah peserta akan dipilih dan diprioritaskan bagi ilmuwan muda dengan pengalaman kerja di bidang terkait.

Berikut Flyer dan Form Pendaftaran RTRC MarBEST Mangrove Health Index Training Tahun 2020 :

Terima Kasih

Salam,
Panitia Pelaksana RTRC MarBEST Mangrove Health Index Training 2020

e - Jurnal
Sistem Informasi
Repository Publikasi Terbitan P2O - LIPI
Kolom Dr. Anugerah Nontji

Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI