Puslit Oseanografi Lakukan Diseminasi Hasil Riset Ke Perguruan Tinggi


Pusat Penelitian Oseanografi  melakukan diseminasi hasil penelitian ke perguruan tinggi untuk pemanfaatan sumberdaya perairan yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu strategi yang dijalankan yaitu merintis jejaring komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Hal ini dapat dicapai melalui kerjasama riset, komunikasi ilmiah atau penyelenggaraan workshop, simposium dan seminar terkait isu-isu kelautan Indonesia, serta membangun komunikasi dengan para stakeholder secara berkelanjutan. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan kualitas sumber daya peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan pemanfaatan hasil riset menjadi lebih besar dan mudah diwujudkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pejabat humas Puslit Oseanografi LIPI melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI) dan Institute Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka diseminasi hasil riset dan membangun jejaring kerjasama dengan pihak eksternal.  Diseminasi dimaksudkan untuk mempromosikan keberadaan Puslit Oseanografi LIPI kepada publik dan menyosialisasikan hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Puslit Oseanografi LIPI. Selain itu, juga untuk menjalin komunikasi dua arah antara Puslit Oseanografi LIPI dengan stakeholder.

Diseminasi yang dilaksanakan  pertengahan Juni 2017 lalu itu dilakukan dengan pendekatan kelas dan pertemuan formal yang dihadiri oleh para mahasiswa dan pejabat terkait di Universitas Indonesia dan IPB. Kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan diseminasi antara lain menyampaikan Profil Puslit Oseanografi LIPI dalam bentuk presentasi dan video, presentasi hasil-hasil penelitian dan kegiatan di Puslit Oseanografi LIPI, menampilkan film-film dan dokumentasi hasil-hasil penelitian dan kegiatan di Puslit Oseanografi LIPI serta edutainment. Kegiatan diseminasi dikoordinasi oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Oseanografi LIPI. Diseminasi ke Universitas Indonesia diterima oleh Ketua Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA –UI).  Roadshow  diseminasi  ke kampus disambut antusias oleh mahasiswa FMIPA - UI.  Turut hadir dalam diseminasi adalah Kepala Departemen FMIPA –UI yaitu Dr. Yasman didampingi  Dr. Mufti Patria. Sedangkan diseminasi ke FPIK – IPB  diterima oleh Prof.Dr. Ir. Joko Santoso,M.Si, yang menjabat Wakil Dekan BIdang Akademik dan Kemahasiswaan. Selain itu hadir  Dr. Ir Budhi Hascaryo Iskandar,M.Si, yang menjabat Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan.

Pihak  Departemen Biologi FMIPA-UI dan  dan FPIK-IPB menyambut baik road show diseminasi ke universitas.  Pihak UI dan FMIPA berniat mengundang  beberapa peneliti Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI untuk memberi kuliah umum di awal perkuliahan September 2017 mendatang. (Meifina, Pranata Humas Muda)

 

 


Pusat Penelitian Oseanografi - LIPI

Jl. Pasir Putih I, Ancol Timur, Jakarta 14430
Telp. 021 - 64713850
Fax. 021 - 64711948
E-mail kontak: humas.oseanografi@mail.lipi.go.id

Copyright@2017 Pusat Penelitian Oseanografi LIPI