Theme Colors

Tugas dan Fungsi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI



Sesuai dengan Peraturan Kepala LIPI Nomor 1 Tahun 2014 tanggal 9 Mei 2014, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI yang berada dibawah kedeputian Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI mengemban tugas dan fungsi sebagai berikut:

Tugas

Tugas Pusat Penelitian Oseanografi LIPI adalah melaksanakan penelitian di bidang oseanografi

Fungsi

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, maka Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mempunyai fungsi:

1.Penyusunan kebijakan teknis, rencana, dan program penelitian di bidang oseanografi;

2.Penelitian di bidang oseanografi;

3.Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan penelitian di bidang oseanografi; dan

4.Pelaksanaan urusan tata usaha.

Tujuan

Mencapai hasil penelitian yang optimal di bidang oseanografi guna memanfaatkan sumberdaya perairan laut yang berkelanjutan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Visi

Reformasi birokrasi di lingkungan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI diawali dengan meredefenisi visi dan misi organisasi, sebagai upaya mendorong reposisi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI di antara organisasi penelitian bidang kelautan dengan meningkatkan fungsi dan core-competent Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, yaitu untuk

Misi

Dalam upaya mencapai peringkat terbaik di tingkat regional, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI diharapkan mampu menghasilkan riset dan inovasi yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan pemerintah, dengan memberi timbangan ilmiah, saran dan kebijakan serta meningkatkan pelayanan kepada publik, industri, dan pemangku kepentingan lainnya. Pencapaian Visi tersebut dituangkan dalam 3 (tiga) misi utama, yaitu:

1.Meningkatkan output riset oseanografi yang berkontribusi signifikan terhadap ilmu pengetahuan, nyata dirasakan pemangku kepentingan dan berdampak besar bagi publik;

2.Meningkatkan pelayanan publik dalam bentuk penyediaan data dan informasi oseanografi yang akurat, tepat waktu dan tepat guna.

3.Mendukung kelangsungan pemanfaatan sumberdaya laut dan lingkungannya berbasis ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan publik.

Strategi

Terkait dengan Visi dan Misi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, maka untuk mengimplementasikannya diperlukan beberapa strategi, yaitu sebagai berikut:

1.Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, melakukan peningkatan kapabilitas individu peneliti dan kompetensi kelompok-kelompok penelitian melalui peningkatan pendidikan, kerjasama riset, perekrutan SDM peneliti baru yang sesuai kebutuhan serta melakukan pembinaan yang kontinyu dan terarah;

2.Mengembangkan sarana dan prasarana penelitian di bidang oseanografi, melakukan akreditasi laboratorium dan kalibrasi peralatan penelitian, melengkapi kebutuhan peralatan penelitian, membangun fasilitas dan suasana kerja yang nyaman, serta peningkatan sarana dan prasarana teknologi informasi;

3.Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkualitas, melakukan pendidikan dan pelatihan serta kerjasama penelitian dengan peneliti asing agar tercipta alih pengetahuan (transfer knowledge) untuk meningkatkan kapabilitas dan kepakaran peneliti. Selain itu dibuat sistem agar proses regenerasi kepakaran dari peneliti senior ke peneliti junior dapat terlaksana dengan baik.

4.Merumuskan dan melaksanakan program penelitian yang kompetitif, membuat perencanaan kegiatan penelitian yang matang (terarah dan terukur) sehingga dapat menjawab isu-isu lingkungan dan memberikan kontribusi terhadap pengambilan kebijakan oleh pemerintah pusat maupun daerah, bermanfaat bagi masyarakat , industri dan pemangku kepentingan lainnya.

5.Mengkaji hasil penelitian untuk menentukan kebijakan bidang oseanografi, melakukan pengujian dan validasi terhadap setiap hasil penelitian yang berupa data dasar , konsep, model dan rekomendasi terkait isu-isu kelautan Indonesia sehingga dapt dimanfaatkan dan diimplementasikan oleh pengambil keputusan dan pemangku kepentingan.

6.Membangun jejaring kerja (networking) dengan berbagai pemangku kepentingan. Hal ini dapat dicapai melalui kerjasama riset, melakukan komunikasi ilmiah atau penyelenggaraan workshop, symposium dan seminar terkait isu-isu kelautan Indonesia. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan kualitas sumber daya penelti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menjadi lebih besar dan mudah diwujudkan.